Cara Menanam Semangka Dalam Pot

Cara Menanam Semangka Dalam Pot
Cara Menanam Semangka Dalam Pot
Cara menanam semangka dalam pot adalah metode penaman alternatif untuk yang tidak banyak mempunyai lahan lebih, cara ini sudah banyak sekali yang menerapkannya dan terbukti sudah banyak pula yang berhasil.

Sebenarnya Cara menanam semangka dalam pot tidaklah sesulit yang kita bayangkan, yang kita perlukan hanya peralatan pendukung tambahan seperti apabila kita menanam di lahan terbuka kita hanya memerlukan lahan yang luas untuk penebaran benih semangka tetapi karena kita penanamanya menggunakan pot  ya yang kita perlukan hanya sebuah pot untuk penempatan media tanah.

Sebaiknya pilihlah ukuran pot yang cukup besar jangan terlalu kecil karena pot  yang terlalu kecil akan mempengaruhi tingkat kualitas buah yang di hasilkan semangka tersebut.

Berikut adalah Cara menanam semangka dalam pot yang bisa kita pelajari bersama :

Bahan dan alat
Ada beberapa alat dan bahan yang harus kita persiapkan sebelum proses penamanan semangka tersebut di antaranya adalah pemilihan benih semangka yang berkulitas hibrida yang bisa kita dapatkan di toko pertanian terdekat.

Setelah benih kita dapatkan sebaiknya kita siapakna media tanam, untuk kualitas terbaik sebaiknya gunakan campuran media dari tanah gambur,pupuk kompos dan pupuk kandang, campuran tersebut kita aduk menjadi satu.

Dalam penggunaan pot seperti yang kita bahas di atas sebaiknya gunakan pot dengan diameter lebih kurang 25cm akan lebih baik pot yang kita pakai berbahan tanah liat karena pot dengan tanah liat akan mudah sekali untuk menyerap air dan dapat memberi kelembapan pada tanaman dari pada kita menggunakan pot plastik, tapi bila kita tidak mempunyai pot dari tanah liat kita juga bisa menggunkan pot platik atau yang lain.

Siapkan kayu atau bambu sebagai penyangga tanaman semangka, untuk penanaman di lahan mugkin tidak perlu penyaggaan karena pada proses penanaman di lahan semangka di biarkan terurai di tanah sedangkan pada kasus di penamanan di pot hal ini tidak bisa di lakukan karena penggunaan pot posisi semangka akan terlalu tinggi dari dasar dan akan lebih baik menggunakan penyangga pada tanman semangka agar hasil lebih baik.’

Siapkan juga seperti gunting, sekop dan tali untuk peralatan tambahan di waktu pengerjaan tambulapot.

Cara penanaman
Sebagai metode intisari dalam panamanam semangka dalam pot yang harus di perhatikan, berikut adalah detail dari ringkasan tersebut :

-          Sebaiknya kita mempersiapkan media tanaman jauh – jauh  hari sebelum proses penanaman dalam pot, media tanam bisa di buat seperrti yang kita jelaskan di atas tetapi bila anda tidak sempat untuk membuatnya anda bisa saja membeli media tanam di toko-toko pertanian yang menjual media tersebut.
-          Setelah proses persiapan media tanam selesai selanjutnya persiapan benih semangka yang telah kita beli di toko pertanian
-          Buat sebuah lubang kedalam media tanam tersebut pada masing-masing pot terdiri dari 3 lubang dengan kedalaman lubang sekitar 6 cm setelah lubang selesai di buat masukkan biji semnagka tersebut  setelah itu masukkan biji semangka tersebut, lalu siram lah media tersebut secukupnya, letakkan pot di tempat yang teduh jangan sampai terkena sinar matahari langsung dan hujan.
-          Bila kita menggunkanan bibit yang bagus proses pertumbuhannya akan cepat dan tunas  barus akan bermunculan, biarkan tunas baru tumbuh sekeitar 10 cm dan lakukan proses penyiramana secukupnya.
-          Pindah tanaman semangka di tempat dengan sinar matahari yang cukup ketika tanaman sudah tumbuh sekitar 2-3 minggu, dan buatlah tiang penyangga yang sudak kita siapkan sebelumnya untuk menompang buah agar hasilnya bisa maksimal.
-          Proses penyiraman bisa di lakukan sehari 2 kali yaitu pada pagi dan malam hari karena tanaman semangka adalah jenis tanaman yang sangat menyukai air.
-          Saat buah mulai muncul sebaiknya kurangi penyiraman tanaman semangka yaitu kita bisa menyiram tanaman semnagka 2 hari sekali hal ini di lakukan agar buah yang di hasilkan tidak busuk karna terkena air yang terlalu sering.
-          Bila buah sudah mulai besar gunakan kain untuk menompang buah semangka dan ikat di kayu penaopang pada lanjaran semangka, sebaiknya penompang di baut sekuat mungkin untuk menghindari tanaman roboh karna terlalu berat.
-          Proses pemanenan bisa di lakukan ketika tanaman mencapai umur 2-3 bulan, saat inilah masa yang tepat untuk di panen, gunakan pisau tajam atau bisa gunting untuk memotong tangkai buah saat melakukan proses pemanenan buah semangka .



Penggunaan semangka untuk di alih fungsikan proses penanaman dari lahan ke dalam pot sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kita menanamnya langsung di lahan, karena semangka adalah tanaman yang tidak terlalu memerlukan lahan yang cukup luas untuk mengembangkan hidupnya, dari data inilah kita bisa melakukan proses penanaman semnagka menggunakan pot, namun pot yang di gunakan sebaiknya juga jagan  terlelu kecil, karena walaupun tidak memerlukan lahan yang terlalu luas semakin kecil pot yang di gunakan semakin sedikit pula ketersediaan unsur hara yang di perlukan oleh tanaman semnagka tersebut, dan proses perawatan juga memerlukan extra.


Semoga Cara menanam semangka dalam pot ini bisa di pahami secara mudah, ada metode lain yang bisa di gunakan dalam penaman di lahan seperti Metode budidaya semangka yang benar dan lain sebagainya.



Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

5 Comments Add Comment

Keduax thank info yg bagus gan

Balas

Kalau menggunakan campuran media tanam arang sekam apa akan bagus?

Balas

Ijin bookmark gan, buah favorit, barangkali mau nanam juga

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool