Cara penanaman tanaman jagung tanpa pengolahan tanah

Cara penanaman tanaman jagung tanpa pengolahan tanah
Cara penanaman tanaman jagung tanpa pengolahan tanah – Metode penanaman jagung tanpa pengolah yanah merupak salah satu teknik pennaman yang bisa di terapkan, dalam hal ini proses yang di lakukan dalam  penanaman jagung tidak adanya proses pembajakan yang di lakukan pada umumnya yaitu kita langsung membuat lubag dan memasaukan jagung pada lubang tersebut.

Cara penanaman tanaman jagung tanpa pengolahan tanahMetode penanaman jagung tanpa pengolah yanah merupak salah satu teknik pennaman yang bisa di terapkan, dalam hal ini proses yang di lakukan dalam  penanaman jagung tidak adanya proses pembajakan yang di lakukan pada umumnya yaitu kita langsung membuat lubag dan memasaukan jagung pada lubang tersebut.

Dalam melakukan proses ini sebaiknya kita melihat kondisi lahan yang akan di gunakan dalam proses penanaman jagung, pada negara maju bisanya metode ini menggunakan suatu alat yang di namakan planter sedangkan di indonesai sendi alat yang di gunakannya adalah tungal yaitu sebuah kayu yang di runcingkan pada bagiang ujungya yang fungsinya untuk membuat lubang untuk memasaukkan benih jagung.

Proses penanaman jagung tanpa olah tanah ini paling cocok di terapkan di tanah yang gembur atau bekas penanaman tanaman padi yang penanamannnya di lakukan di tanah tadah hujan ketika musim kemarau sawah akan berkurang air nya pada waktu inilah waktu yang tepat untuk penanaman jagung.
Kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan metode ini adalah :

Kelebihan :
a. waktu penanaman lebih singkat karena tidak ada pengolahan tanah
b. lebih hemat tenaga dan ongkos kerja
c. dapat mengurangi erosi pada lapisan hara pada bagian atas yang di sebabkan pada proses pengolahan.
d. dengan menggunakan teknik ini kita bisa menghindari kerusakan tanah yang di sebabkan terlalu serinnya pembajakan.

Sementara itu ada beberapa kekurangan dalam penggunaan metode ini di antaranya adalah
a. adanya kemungkinan sisa hama yang tersisa dari tanaman terdahulu yang tertinggal yang nantinya dapat menggangu tanaman jagung.
b. Gulma yang tumbuh lebih dulu sebelum proses penanaman jagung dapat menghambat pertumbuhan jagung.

Persiapan lahan
Meski tidak adanya pengolahan lahan dalam proses ini persiapan lahan juga masih di perlukan untuk teknik penanamannya berikut adalah Cara penanaman tanamanjagung tanpa pengolahan tanah.

a. Pemberishan gulma
Permbersihan gulma yang di lakukan kita bisa mengunakan metode penyemprotan dengan herbisida dan apabila gulma yang tumbuh terlalu banyak kita bisa mengunakan herbisida sistemik yaitu sebuah herbisida yangbisa membasmi gulma sampai ke akarnya, silahkan beli herbisida di toko pertanian terdekat dan tanyakan ke toko tersebut.

Proses penyemprotan gulma yang paling efektif di lakukan pada cuaca mendung sebelum turun hujan, setelah kurun waktu 3 hari kita bisa memriksa kembali apakah gulma sudah mati atau belum.

b. Pemberian pupuk organik dan pengapuran
Pemberian pupk organik bisa di lakukan sebelum benih di tanam di lahan tersebut , taburkan pupk kadang, peaburan pupk kandang dengan sistem larik di sesuikan dengan lajur penanaman jagung komposisi yang di gunakan dalam penabut\ran pupuk kandang adalah 1-2 ton perhektar. Pengapuran juga bisa di lakukan untuk meningkatkan PH tanah penaburannya bisa mengiuti penaburan pupuk dan di tabur dengan takaran 300 – 400 per hektar.

Tahapan penanaman
Beberapa tahap penanaman yang dapat di lakukan dapat menerapkan metode berikut :

a. Persiapan benih
Sebaiknya gunakannlah benih yang berkualitas yaitu jenis benih hibrida yang sudah terbukti pertumbuhanny meski harganya cukup mahal penggunaan benih hibrida sangat di anjurkan, sebaiknya kita mengikuti petujuk yang di berikan pada kemasan produk tersebut sebelum proses penanaman.

b. Atur jarak tanam
Prose penanaman jagung memerlukan jarak tanam, jarak tanam yang pas untuk penanaman jagung adalah sekitar 20 cm, sedangkan jarak antar barisnya berkisar 7 - 75 cm.

c. Proses penanaman
Pada proses penanaman sebaiknya di lakukan seminggu setelah proses penaburan pupuk kandag karena pupuk kandang yang baru di tabur biasanya pupuk masih basah yang mengandung bibit penyakit selain menghindari bibit penyakit penanaman seminggu setelah penaburan pupuk juga berfungsi agar pupuk menyatu dengan tanah, pada pembuatan lubang bisa di buat dengan tunggal yang di tajukkkan ke tanah sampai membetuk lubang dengan kedalaman sekita 3-5 cm dalam setiap lubang bisa di isi 3-4 benihjagung .

Penutupan lubang bisa di lakukan dengancara efekti yaitu dengan memotong pohon yang masih bercabang dn berdaun kemudian menyeretnya pada lahan yang di tanai jagung carfa ini adalah cara yag paling cepat untuk menutup lubang.

Setelah proses penanaman selesai baiknya siapkan tanaman jagung cadangan untuk menyulam jagung yang kemungkinan mati yaitu semailah dengan lokasi terpisah yang di gunakan sebagi cadangan ketika tanaamn jagung mati dan umur jagung di di gunakan untuk menyulam mempunyai umur yang sama.

Priksalah tanaman jagung setelah satu minggu kemudian dan sulam tanaman jagung yang mti mengunakan hasll semai tersebut.

d. Pemberian pupuk
Terkadang pupuk tambahan perlu di berikan utuk penanaman jagung ini yang fungsinya untuk mempercepat proses pemanenandan agar jagung selalu tumbuh subur pemberian pupuk bisa di lakukan 2-3 kali dalam satu masa tanam, jenis pupuk yang di gunakan kita bisa menggunakan pupuk yang mengandung unsur N , P dan K . Unsur N bisa di dapat dari Urea, Unsur P bisa di dapat dari  SP 36  da uncul K bisa di dapat dari KCL, pemberian takaran sesui anjuran dari balitbangtan  yaitu pada penanaman perhektar di perlukan 350 kg urea + 200 SP-36 + 100 kg KCL.

Bila kita kesulitan dalam mendapatkan KCL unsur K bisa di dapatkan dengan pengaplikasian 400 kg NPK 15 : 15 : 15 + 270 kg urea  + 80kg SP-36 dalam setiap hektarnya., pemupukan di lakukan 2 klai yaitu pada kaktu 10 dan 25 hari setelah proses penanaman jagung .

d. Panen
Tanaman jagung sendiri bisa di panen sekitar umur 100 HST tetapi hal ini bisa juga berubah tergantung benih dan kesuburan tanah pada proses penanaman , secara fisik btanaman jagung yang siap panen bisa di lihat ari klobot jagung yang sudah mulai mengering dan rambut jagung yang sudah mulai berkurang sdikit setelah hal ini terlihat proses pemanenan bisa di lakukan.

Proses pemanean bisa di lakukan dengan pemetikan jaging dengan membuka klobot jagung dan jagung di potong sampai pangkal klobot d\kemudian jagng di keringkan pada terink matahari yang tinggi, pemanenan yang baik adalah pada musim kemarau karena proses penjemuran jagung bisa di lakukan secara leluasa,

Demikianlah Carapenanaman tanaman jagung tanpa pengolahan tanah yang bisa di pelajari semoga bermanfaat.







Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool