Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Hidroponik

Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Hidroponik
Penanaman dengan metode hidroponik kini semakin hari semakin bertambah khususnnya untuk daerah perkotaan yang mempunyai lahan sempit dan ingin menenam sayuran sendiri di rumah, penanaman hidroponik sendiri media yang di gunakan identic dengan air yang di beri nutrisi namun fakta di lapangan
Penanaman dengan metode hidroponik kini semakin hari semakin bertambah khususnnya untuk daerah perkotaan yang mempunyai lahan sempit dan ingin menenam sayuran sendiri di rumah, penanaman hidroponik sendiri media yang di gunakan identic dengan air yang di beri nutrisi namun fakta di lapangan penanaman yang mengunakan teknik hidroponik bayak juga ynag menambah media lain seperti sekam padi, batu kecil dan lain sebagainnya namun itu semua sifatnnya hanya sebagai media penyangga saja untuk daerah bawanhnnya tetap ada air yang tergenang. Sebenarnnya teknik ini tidak jauh berbeda dengan Teknik Pembuatan Tanaman Hidroponik Sederhana .

Awal mula hiroponik memang penanamannnya sebagian besar di perkotaan namun sekarang ini yang mempunyai lahan yang cukup luas sudah menerapkan tanaman hidroponik dengan alasan bahwa dengan kita menggunakan teknik hiroponik kita tidak perlu mengganti media serepot kita menggati media menggunakan tanah, mungkin awalnnya pembuatan hiroponik memang cukup ribet namun selanjutnnya kita hanya menuangkan air dan mengisi air yang di beri nutrisi hidroponik kita sudah bisa bertanaman lagi.

Kali ini saya hanya menjelaskan penanaman hidroponik dengan metode yang cukup sederhana dan murah, tak selamannya pembuatan hidroponik itu mahal kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol plastic untuk memulai menanam hidroponik, nah bagaimana kita bisa memulai semua itu kita akan membahasnnya di penjabaran berikut.

Bahan dan alat
1, Botol air mineral ukuran 1 liter
2, Sumbu Kompor atau kain flannel
3, Gunting dan pisau
4, Busa/sekam padi/batu krikil
5, Paku
6, Benih sayuran yng sudah di semai ( Cara Penyemaiaan )

Cara pembuatan
Proses dalam pembuatan hidroponik ini cukup mudan dan sangat gampang sekali semua orang pasti bisa untuk membuatnnya :

1. Siapkan botol bekas kemudia potong menggunakan pisau atau gunting menjadi du bagainpada bagian ujung lebih pendek dari pada bagian bawah botol.
2. Pada bagian tutup botol bekas tersebut lubangi tapi jagan terlalu besar, lubang ini kita gunakan utuk peletakkan sumbu
3. masukkan sumbu kedalam tutup botol tdi dan tutp botol tersebut pada bagian ats yang telah di potong.
4. Posisikan potongan botol atas terbali dan letakkan pada bagian botol bawah
5. Beri air pada bagian botol bawah dan nutrisi hodroponik, nutrisi yang di gunakan untuk hidroponik bisa menggunakan AB MIX atau semacamnnya.
6,Letakkna tanaman yang sebelumnnya sudah di lakukan Penyemaiaan dan sudah tumbuh pada botol atas yang sudah di beri busa atau tatal kayu atau juga bisa menggunakan sekam padi, tetapi untuk percobaan yang saya lakukan saya menggunakan busa untuk meletakkan tanamannya
7. Hidroponik sudah jadi dan tinggal pada proses perawatan.

Perawatan yang di lakukan dalam metode hidroponi menggunakan botol bekas ini tidaklah sulit kita hannya mengisi air yang di beberi larutan nutrisi hidroponik bila air tersebut sudah hamper habis dan jagan sampai air hidroponik ini habis, letakkan tanaman hidroponik yang tidak terkena ujan secara langsung atau kita bisa membuatkan rumah-rumahan kecil yang penting tanaman hidroponik ini tidak terkena iar hujan.


Semoga tulisan Pemanfaatan botol bekas untuk hidroponik ini bisa bermanfaat dan bisa di terapkan di rumah masing-masin. Trimakasih


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool