Pemanfaatan Plastik Bekas Untuk Penyemaian Tanaman Tomat Di Halam Rumah

Pemanfaatan Plastik Bekas Untuk Penyemaian Tanaman Tomat Di Halam Rumah
Bila sebelumnnya halaman rumah hanya di tanami bunga-bunga sebagai hiasan rumah dan mungkin bayak juga yang membiarkan saja lahan yang kosong di rmuah kita di tumbuhin rermputan alangkah baiknnya lahan yang di biarkan tersebut di jadikan tempat untuk bertanam sayuran-sayuran yang tentunya akan lebih bermanfaat, bukan hannya sebagai hiasan semata pembudidayaan sayuran seperti tomat selain di gunakan sebagai penghias halam rmah tentunya juga bisa di pakai untuk bumbu dapur dan kita tidak harus membeli tomat lagi bila kita sudah membudidayakannnya sendiri di halaman rumah kita.
Bila sebelumnnya halaman rumah hanya di tanami bunga-bunga sebagai hiasan rumah dan mungkin bayak juga yang membiarkan saja lahan yang kosong di rumuah kita di tumbuhin rerumputan alangkah baiknnya lahan yang di biarkan tersebut di jadikan tempat untuk bertanam sayuran-sayuran yang tentunya akan lebih bermanfaat, bukan hannya sebagai hiasan semata pembudidayaan sayuran seperti tomat selain di gunakan sebagai penghias halaman rumah tentunya juga bisa di pakai untuk bumbu dapur dan kita tidak harus membeli tomat lagi bila kita sudah membudidayakannnya sendiri di halaman rumah kita.


Nah bagaimana kita bisa membudidayakan pohon tomat dengan baik dan benar agar tomat yang kita tanam tersebut bisa menghasilkan buah tomat yang baik ?

Langkah awal dalam menanam tomat adalah dengan teknik penyemaian yang baik dan menggunaka media yang bagus agar bibit yang akan di tanam di lahan nanti bisa tumbuh dengan baik dan tidak mudah mati oleh serangan hama dan gulma, dalam percobaan dalam penyemaiaan tanaman tomat yang saya lakukan saya menggunakan wadah plastik asoy bekas sebagai tempat medai tanahnnya, penggunaan media palstik bekas tentu akan lebih irit dari pada kita menggunakan bahan-bahan lain tentunya platik bekas bisa dengan mudah untuk di dapatkan di manapun.

Media yang saya gunakan dalam penyemaian ini saya menggunakan tanah sisa pembakaran yang di campur dengan arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandinngan 1 : 1 :1 tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Penggunaan media ini sangat bagus dalam pembudidayaan tanaman tomat, medai di campur menjadi satu dan kemudia basahi media tersebut, setelah semua media tercampur dengan merata masukkan ke dalam plastik bekas yang telah kita siapkan sebelumnnya, cukup setengah dari besar plastik tersebut, masukkan secara perlahan.

Setelah penyiapan media selesai di lakukan berikutnya kita bisa menyiapkan benih tomat yang akan kita semai kedalam medai tersebut, gunkananlah benih unggul atau hibrida, dalam penanaman ini saya menggunakan benih produk Cap Panah Merah .

Langkah-langkah :
1. Lakukan perendaman benih yang kita siapkan tersebut menggunaka air hangat kuku selama 1 malam
2. Pindahkan kedalam medai yang telah kita siapka tadi benih yang telah selesai di rendam.
3. Penyemaian dengan kedalam 0,5-1 cm

Selama proses penyemaian, lakukan perawatan rutin jagan sampai ada rumpt yang berkembang di sekitar dan medai yang di gunakan harus selalu basah, hidndari dari pancaan sinar matahari langsung karena itu akan membuat proses perkecambahan berjalan tidak sempurna dan bahkan akibat terik sinar matahari yang terlalu panas akan membuat kecambah yang baru tumbuh akan mati.

Proses perkecambahan dalam proses penyemaiaan ini berjalan 14-17 hari, dan bibit tomat yang kita lakuan penyemaian ini bisa di tanam di lahan bila sudah muncul 4 daun tetap, bila pada gambar di atas terlihat daun tetap hanya mucul 2 artinnya 2 lagi daun tetap yang muncul bisa langsung di pindah di lahan yang akan kita gunakan untuk menanam tomat.

Somoga tulisan  Pemanfaatan Plastik Bekas Untuk PenyemaianTanaman Tomat Di Halam Rumah yang saya tulis ini bisa bermanfaat dan bila ada yang masih bingung bisa langsung di tanyakan di kolom komentar. Untuk cara penanaman di lahan akan saya jelaskan di tulisan selanjutnnya...




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool