Cara Budidaya Tanaman Buah Melon Dalam Pot

Cara Budidaya Tanaman Buah Melon Dalam Pot
Budidayamelon dalam pot - Jenis buah melon di indonesai ini mempunyai berbagai macam setiap jenisnya, melon mempunyai tingkat rasa yang berbeda, jenis melon sendiri tergolong buah yang bisa di katakan buah musiman dan tidak bisa setiap hari kita tanam
ada waktu-waktu tertentu yang pas untuk penanaman buah melon itu sebabnya pada bulan-bulan tertentu melon terkadang susah untuk di dapatkan, namun pada suatu tempat tertentu yang proses penanamannya menngunakan teknologi yang khusus agar melon bisa di tanama tanpa melihat waktu.

Penanaman melon pada dasarnya memerlukan lahan yang cukup luas itu sebabnya untuk yang mau terjun di dalam petani buah melon syarat utamanaya adalah mempunyai tempat yang cukup luas, tetapi akhir-akhir ini ada cara untuk menangani itu,suatu tenik penaanaman buah apapun yang bisa di tanam di lahan manapun asalkan bisa terkena sinar matahari yang cukup yaitu sistem penanaman buah tambulapot.
Proses ini di lakukan menggunakan tempat pot untuk peletakan medianya dan nantinya tanaman melon di tanam di dalam pot, teknik ini adalah salah satu langkah yang paling tepat untuk setiap orang yang ingin menanam buah melo tetapi tidak mempunyai lahan yang cukup, untuk melakukan budidaya tanaman buah melon  dalam pot bisa di lakukan dengan cara sebagai berikut :

Mempersiapka bibit melon
Bibit merupakan salah satu sarat utama yang penting yang harus di utamakan, ketidak sempurnaan bibit melon membuat hasil melon nantinya akan kurang maksimal, bibit melon yang baik bisa di dapat dari benih melon yang berkualitas yang bisa di hasilkan dari benih hibrida, untuk proses penanaman benih melon ada metode yang harus di lakukan terlebih dahulu.

Proses perendaman benih melon dilakukan lebih kurang dari 12 jam menggunakan air hangat kuku, air bisa juga di campur menggunakan larutan fugisida  setelah proses perendaman sudah cukup di lakukan, kemudian benih bisa di tiriskan dan di letakkan di tempat yang gelap , selanjutnya benih di bisarkan sampai benih mulai berkecambah pada saat seperti ini terjadi kita bisa melakukan ke tahap berikutnya yaitu proses semai.

Proses perendaman ini pada dasarnya berfungsi untuk mempercepat proses perkecambahan benih melon dan proses tumbuah juga akan otomatis lebih cepat , setelah proses penyemaian di lakukan nanti hasil tumbuh bibit akan terlihat mana bibit yang bagus mana bibit yang jelek bibit yang bagus kita pilih dan bisa kita tanam di dalam media pot tersebut, sebaiknya proses pemindahan bibit setelah semai di lakukan pada bibit yang sudah mempunyai 4 tangkai daun tetap.

Mengelola medai tanah
Proses pengelolaan media penanaman di lakukan agar bibit yang kita tanam agar lebih subur dan tidak kekuranga nutrisi, ada beberapa campuran khusus yang di gunakan untuk proses penanaman bibit melon di dalam pot yaitu tanah, pupuk kandang dan sekam dengan campuran perbandinga 1 : 3 :2 agar tanaman bisa kebal terhadap penyakit sebaiknya pada pertama kali penanaman kita bisa menambahkan furadan sebanyak lebih kurang 5 gram, humic acid 1 liter dan NPK 20 gram. Semua itu bisa di campur dengan rata dan kemudian di siram di dalam setiap pot.

Penanaman buah melon
Seperti yang saya bahas di atas yaitu proses penanaman bibit melon yang pas adalah ketika bibit melon sudah mempunyai 4 buah daun tetap yang di lakukan setelah semai proses ini bisa terjadi 14 hari dari awal penanaman benih melon di dalam proses penyemaian buah melon.

Proses penanaman buah melon yang tepat adalah di lakukan pada sore hari karena pada kondisi ini cuaca cukup sejuk sehingga terik matahari tidak terlalu mneyengat bibit melon yang masih mempunyai dauh yang masih muda dan mengurangi tingkat kematian bibit melon.

Persiapan Penyanggahan atau ajir
Melon murupakan jenis tanaman buah yang menjalar oleh karena itu proses persiapan ajir perlu di lakukan agar tanaman melon bisa merambat pada ajiran yang sudah di persiapkan, pembuatan ajir sebaiknya kurang lebih dengan ketinggian 2 meter  dan tancapkan didekat tanaman melon agar nanti tanaman melon bisa menjalar di setiap ajiran.

Pemangkasan dalam pemilihan buah yang baik
Tahap pemangksan tanaman melon di lakukan bertujuan unuk memilah jenis buah yang baik yang nantinya akan kita kembangkan dan pasarkan.

Tahapan pemupukan
Proses pemupukan bisa di lakukan sebagai tahapan agar hasil melon yang di dapat bisa menghasilkan buah yang cukup memuaskan dan tentunya mempunyai mutu yang berkualitas . proses pemupukan bisa di lakukan pada umur 5 HTS pemberian urea dalam larutan dengan kontrentrasi 3 kg/300 liter air. Pupuk ZA + NPK menggunakan konsentrasi 3-4kg/200 liter air , pemberian pupuk daun 7 HST dengan interval lebih kurang antara 7-15 hari sekali dengan konsentrasi larutan 1-2 cc/1 liter air.

Pengendalian hama penyakit
Hama dan penyakit tanaman buah melon adalah salah satu momok yang harus di basmi jenis hama yang kerap sekali melanda buah melon adalah lalat buah, ulat daun, aphids dan tungau ada beberapa tahapan dalam pencegahan, dalam pencegahan hama tersebut kita bisa memberikan larutan akarisida yang di semprotkan di tanaman tersebut.

Adapun beberapa penyakit yang kerap sekali melanda tanaman buh melon adalah layu bakteri, layu fusarium gummy stem blight, embun tepung, busuk daun phytoptoroa molanis, dan cendawa tanah beberap penyakit tersebut bisa di tangani dengan penyemprotan fungisida di tanaman melon.

Saat masa panen
Menjelang masa panen bisa di lakukan apabila melon sudah bisa di katakan cukup matang untuk di konsumsi  hal ini bisa di lakukan apabila melon sudah berumur lebih kurang 60-70 Hsb, sabainya proses pemanenan buah melon di  lakukan dengan pisau yang tajam pada saat pemetikan atau bisa juga dengan menggunakan gunting dengan cara memoton pada bagian tangkai buah kurang lebih 3 cm dari pangkal.

Selesai sudan budidaya tanaman buah melon dalam pot semoga ini bisa menjadi refrensi petani untuk mengembagkan melon dalam pot khususnya di perkotaan yang mempunyai lahan sempit.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

2 Comments Add Comment

infonya mantap..
bila ada waktu mampir ke gubuk kecil ane sob...
http://konspirasiteorx.blogspot.co.id/

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool