Cara Efektif Agar Tanaman tambulapot Mangga Berbuah Lebat

Cara Efektif Agar Tanaman tambulapot Mangga Berbuah Lebat


Buah mangga merupakan buah yang bayak sekali tersebar di berbagai daerah, selain rasanya yang manis buah mangga juga merupakan buah yang kaya akan gizi tidak herah bayak yang menyukai buah mangga.

Ada kalanya bayak juga yang ingin menanam buah mangga di dekat rumah dengan alasan bisa memetik sendiri tanpa membeli, salah satu yang di hadapi penanaman buah mangga di dekat rumah adalah keterbatasan lahan yang membuat sulit untuk menanamnnya barbagai cara di lakukan untuk bisa menenm buah mangga di dekat rumah salah satunya denga sistem tambulapot yaitu proses penanaman buah dengan menggunakan pot hal ini cukup menghemat lahan karena kita cukup menggunakan pot untuk menanamnya, tapi ada hal lain yang menjadi kendala dalam tambulapot yaitu hasil buah yang di hasilkan kurang maksimal, ada beberapa cara agar tambulapot bisa menghasilak buah lebih maksimal.

Berikut ada cara yang dapat memicu munculnya bunga pada tabulampot mangga.





     Pemangkasan
Untuk mencapai hasil maksimal sebaiknya pemangkasan rutin dilakukan sejak tanaman berumur satu bulan. Pemangkasan pertama dilakukan pada bagian batang pokok hingga mencapai tinggi 70-100 cm. Dari pemangkasan tersebut akan muncul cabang primer. Pilih batang primer dan pelihara tiga batang primer hingga panjangnya 50-75 cm, jika jumlah dan panjangnya lebih sebaiknya dipangkas. Dari ketiga cabang primer tersebut akan tumbuh pula cabang sekunder. Pilih dan pelihara tiga cabang sekunder dengan panjang 30-50 cm. Dan dari cabang sekunder ini akan tumbuh pula cabang tersier. Pelihara cabang sekunder sepanjang 20 cm agar dapat menopang buah dengan kuat/tidak mudah patah jika terdapat buah. Pangkas juga daun-daun yang lebat dan cabang-cabang yang negatif, seperti sakit, patah, terbakar, dan sebagainya.

·    Penyungkupan bunga
Lakukan penyungkupan pada seluruh tanaman atau cabang yang berbunga dengan ditutupkan plastik agar bunga tidak rontok jika terkena air hujan. Karena bunga pada tanaman mangga sangat peka terhadapa hujan.

·    Stres air
Pembentukan buah mangga dipengaruhi oleh kondisi bulan basah dan bulan kering namun karena kondisi tersebut sulit terjadi maka dilakukanlah stres air karena lebih efisien dan lebih mudah. Caranya adalah dengan mengurangi penyiraman pada tanaman hingga tanaman mangga tampak layu dan media tanam mengering. Lalu lakukan peyiraman  kembali sedikit demi sedikit hingga tanaman segar. Ulangi aplikasi tersebut sekitar 4 hingga lima kali sampai calon bunga muncul. Saat perlakuan stres air, tempatkan tabulampot mangga ditempat yang langsung mendapat sinar matahari.

·    ZPT
Zat Pengatur Tumbuh atau ZPT dapat diberikan pada tabulampot mangga untuk memicu munculnya bunga. Jenis-jenis ZPT tersebut ialah Dekamon, Gibberelin, dan Cultar yang disemprotkan pada pucuk yang tidak memiliki daun mudah. Senyawa ZPT lainnya ialah KNO3, CEPA, dan paklobutrazol.
  

Demikian ulasan tentang cara melebatkan buah mangga dalam pot semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para petani yang ingin menanam mangga menggunakan pot.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool