10 tips cara merawat tanaman tambulapot yang baik dan benar

10 tips cara merawat tanaman  tambulapot yang baik dan benar
Cara merawat tanaman  tambulapot – Metode penanaman buah dalam pot atau sering di sebut dengan tambulapot adalah metode alternatif cara menanam buah dalam pot yang tidak memiliki lahan secara luas  namun tidak semua tanaman buah bisa di terapkan cara ini ( Baca : teknik mudah membuat tabulapot (tanaman buah dalam pot) )

Cara merawat tanaman  tambulapot – Metode penanaman buah dalam pot atau sering di sebut dengan tambulapot adalah metode alternatif cara menanam buah dalam pot yang tidak memiliki lahan secara luas  namun tidak semua tanaman buah bisa di terapkan cara ini ( Baca : teknik mudah membuat tabulapot (tanaman buah dalam pot) )


Hal yang paling susah untuk di lakukan bila kita memiliki tanaman buah dalam pot adalah pada proses perawatan, banyak kasus ketika membeli tambulapot ketika membeli berbuah lebat tetapi setelah beberapa bulan kemudian tambulapot tidak bisa berbuah lagi, hal in terjadi bukan karena si penjula menipu tetapi karena si pembeli tidak memiliki ilmu perawatan tambulapot yang mengakibatkan tambulapot tidak bisa berbuah. ( Baca : Cara penanaman dan perawatan tanaman tambulapot agar cepat berbuah )

Berikut adalah 10 tips cara merawat tanaman  tambulapot yang baik dan benar yang harus di pelajari sebelum mencoba membeli tambulapot.

1. Pemupukan tanaman
Tambulapot adalah tanaman yang memiliki lahan yang sangat terbatas nutrisi dan suber makanan harus selalu di suplai setiap saat kebutuhan akan nutrisi dari tanaman tersebut harus di berikan secara bertahap, selain pemberian pupuk kompos pemupukan menggunakan pupuk kimia juga perlu di lakukan agar tanaman selalu segar dan mudah berbuah.

2. Penyemprotan hama
Hama pada tanaman tambulapot terkadang sering sekali meresahkan yang menimbulnya tanaman tidaksehat, hal ini berakibat tambulapt susah untuk berbuah, penyemprotan bisa menggunakan sesuai kebutuhan pada penyakit tanaman.

3. Penyiraman tanaman
Penyiraman sangat di anjurkan pada tambulapot karena keterbatasan lahan yang di pakai pada tanaman buah, penyiraman di lakukan 2 kali sehari pada musim kemarau dan bila musim hujan tidak perlu untuk di lakukan,

4. Pemangkasan pohon
Pemangkasan terkadang perl di lakukan pada tambulapot hal ini di lakukan pada tanaman yang sudah terlalu lebat pohon nya sehingga tanaman tersebut di anggap sudah terlalu rimbun, selain berfungsi untuk megurangi pohon pemangkasan pada tambulapot juga berfungsi sebagai peremajaan tanaman ketika tanaman di anggap sudah tua.

Fugsi lain dari pemangkasan adalah sebagai peragsang buah dan buah pada tambulapot, pangkas semua tunas yang tumbuh pada batang supaya bunga bisa tmbuh subur dengan maksimal.

5. Penyiangan
Penyiangan perlu di lakukan ketikan banyak gulma seperti rumput liar yang tumbuh di sekitar tambulapot , rumput adalah salahsatu hama tanaman yang bisa menghambat pertumbuhan tambulapot bil di biarkan secara terus menerus.

6. Pengantian pot dan media tanam
Media tanam perlu di ganti ketika meda sudah mengalami pengerasan hal ini mengakibatkan akar yang tumbuh tidak bisa normal oleh sebab itu pengantian perlu di lakukan , pengantian media sebaiknya di barengi dengan pengantian pot , pada pengantian pot ini di lakukan ketika tanaman sudah mencapai batas normal sehingga pot yang di pakai sudah tidak memungkinkan lagi.

7. Pemangkasan pada akar
Pemangkasan ini bisa di barengi ketika pengantian pot, akar yang terlalu panjang sebaiknya segera di potong fungsinya agar muat di masukan di dalam pot, pemangkasan juga berfungsi sebagai menghindari penguapan dan layu pada tanaman
 .
8. Pemberian suplemen tamnahan
Selain pupuk pemberian suplemen tanaman juga perlu di berikan pada tambulapot seperti halnya kita menanam dengan metode hidroponik, suplemen tambahan fungsinya bermacam-macam seperti untuk melebatkan daun, mempercepat tumbuhnya bunga dan melebatkan buah.
Suplemen yang bayak di guakan pada tambulapot adalah boster buah.

9. Sinar matahari tercukupi
Tanaman stidaknya membutuhkan sinar matahari secara penuh lebih kurang selama 8 jam, sinarmatahari di perlukan untuk mempercepat potosintesis, namu ada sebagian tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari terlalu belebihan di anntaranya adalah jenis tanman belimbing dan manggis.

10. Perawatan tambahan
Jika kesembilan yang saya jelaskan sudah di jalankan secara maksimal ada baiklanya lakukan pengecekan secara rutin pada tambulapot, perawatan tambahan ini pelu di lakukan setiap saat agar tambulapt yang kita harapkan bisa tumbuh sesuai yang kita harapkan.



Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

3 Comments Add Comment

Wah, jangankan perawatan. Nanam aja saya belum mau tumbuh2. Padahal udh baca tips di buku, tp gagal juga. Tanamannya mati...

Kira2 itu gimana ya gan?

Balas

Nah ini artikel yang saya cari-cari..
Perbanyak artikel seperti ini gan (y)

Balas

oh , jadi selama ini saya gk memperhatikan hal ini toh . wah jadi tau gan . makasih

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool