Budidaya cabe rawit dengan sistem hidroponik

Budidaya cabe rawit dengan sistem hidroponik
Budidaya cabe rawit dengan sistem hidroponik- Budiaya cabe memang tidak ada matinya menurut sepengatuhan saya, bayak kisah sukses dari hasil budidaya cabe, baik itu mulai dari cabe besar maupun cabe rawit, cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang sulit di gantikan untuk lidah orang indonesia, berbagai ciri khas masakan indonesai rata-rata menggunakan cabe sebagai pelengkap mumbu masalan.
Budidaya cabe rawit dengan sistem hidroponik- Budiaya cabe memang tidak ada matinya menurut sepengatuhan saya, bayak kisah sukses dari hasil budidaya cabe, baik itu mulai dari cabe besar maupun cabe rawit, cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang sulit di gantikan untuk lidah orang indonesia, berbagai ciri khas masakan indonesai rata-rata menggunakan cabe sebagai pelengkap mumbu masalan.


Harga cabe yang relatif menggurkan hal ini bayak petani indonesia bayak yang terjun ke bididaya cabe dengan harapan mendapatkan untuk besar, dan bila beruntung pada waktu panen bisa mendapatkan harga yang cukup mahal. ( Baca : Harga cabe merah meroket tajam, di susul harga yang lain )

Tanaman cabe merupakan taaman yang sangat rentang sekali terserang oleh firus, mulai dari busuk daun, akar dan daun layu, daun kriting, dan lainlain. ( Baca : Macam-macam penyakit pada cabe dan cara menagani penyakit pada tanaman cabe )

Bayak orang yang ingin menanam cabe tapi karena keterbatasan lahan membuat orang tersebut mengurungkan untuk bertanam cabe Sekarang ini ada Budidaya cabe rawit dengan sistem hidroponik yang bisa menjadi salah satu solusi bagi yang ingin budidadya cabe tapi tidak memiliki lahan yang cukup.

Melalui Budidaya cabe rawit dengan sistemhidroponik di harapkan penanaman cabe di perkotaan bisa juga di terapkan agar produksi cabe dalam negri bisa tercukupi.
Nah bagaimana cara memulainya berikut adalah cara Budidayacabe rawit dengan sistem hidroponik yang bisa anda pelajari :

Pemilihan benih
Dalam proses penanamn cabe secara hidroponik pada dasarnya hampir sama dengan yang di lakukan yaitu salah satu yang harus di lakukan adalah memilih benih terbaik untuk di tanam di lahan kita, pemilihan benih yang salah dapat mengakibatkan kegagalan panen. ( Baca : Penjelasan tentang benih F1 ( HIBRIDA ) )

Penyemaiaan Benih
Karena penanaman menggunakan sistem hidroponik pada darnya mengunakan air sebagai media oleh karena itu penyemaiaan benih cabe rawit perlu untuk di lakukan, karena bila di tanam langsung dari biji di jamin cabe tdak adak bisa tumbuh,
Penyemaian di lakukan di dalam polibek atau di dalam pot khusus yang telah di persiapkan, media yang di pergunakan dalam pnyemaiaan benih cabe bisa menggunakan campuran tanah + sekam bakar + pupuk kaddang dengan perbandingan 1 : 1 : 1 setelah proses pembuatan tempat untk penyemaiaan selesai taburkan benih secukupnya di dalam media.

Persiapan media tanam
Media tanam yang di pergunakan untuk menanam di lahan dan dengan sistem hidroponik tentu berbeda jauh, karena pengunaan air sebagai pemberi nutrisi pada tanaman maka media tanam yang di pergunakan untuk Budidaya cabe rawit dengan sistem hidroponik tentu sangat berbeda, beberapa bahan yang di pergunakan dengan sistem hidropoonik adalah sekam dan cocopead atau di sebut juga serbuk sabut kelapa, kedua bahan-bahan tersebut di campur menjadi satu ddengan perbandingan 1 : 1, setelah media tanam selesai di persiapkan hal yang selanjutnya adalah menyiapkan sumbu hidroponi yang mempunyai daya serap air yang tinggi.

Perawatan cabe rawit
Perawatan  tanaman cabe dengan sistem hidroponik tentu lebih mudah dari pada perawatan di lahan terbuka, kita tidak harus membersihkan rumput, meratkan tanah dan lain-lain yang kita perlukan adalah memperbaiki tanaman yang rusak dengan cara memangkas daun-daun yang kering pada tanaman cabe.

Pemberian nutrisi juga sangat di perlukan untuk tanaman cabe, nutrisi yang biasa di pergunakan saat ini adalah nutrisi AB Mix yaitu nutrisi khusus tanaman hidroponik, nutrisi ini di berkan pada tanaman setelah tanaman berumur 5-7 hari yaitu dengan cara memasukkan kedalam air yang di pergunakan sebagai media hidroponik, yang nantinya akan di serap sayuran cabe,

Cara penggunaan nutrisi AB Mix ketika masa pertumbuhan bisa menggunakan takaran PPm 60-700  atau bisa juga di sebut 5 ml urisi A + 5ml nutrsi B + air 1 liter.
Agar tanaman cabe terpenuhi nutrisinya sebaiknyasetiap 1 minggu sekali semprot tanaman menggunakan pupuk daunf ungsinya agar tanaman selalu segar dan cepat berbuah dan jika tanaman cabe sudah mulai berbah bisa juga di semprot dengan menggunakan pupuk buah bisa menggunakan gandasil A/B dan lain sebagaina.

Demikian Budidaya cabe rawit dengan sistem hidroponik semoga bisa menjadi acuan untuk mengembakankan, selanjtnya adalah tahap pemanenan yang bisa di pelajari sendiri berdasarkan pengalaman.





Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

5 Comments Add Comment

saya ingin mempraktekan cara ini... semoga berhasil y ...

Balas

kalau mau memulai Budidaya Cabe Rawit baiknya dilakukan pada musim apa ya?

Balas

kalau mau memulai Budidaya Cabe Rawit baiknya dilakukan pada musim apa ya?

Balas

lakukan penanaman cabe pada bulan2 9,10,11 menjelang musiim hujan....

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool