Alasan mengapa generasi muda saat ini enggan terjun ke sector pertanian

Alasan mengapa generasi muda saat ini enggan terjun ke sector pertanian
Inspirasipertanian.com – Sektor sumberdaya manusia yang terus menurun  sedangkan indonesai sendiri adalah  Negara agraris yang mempunyai kebutuhan pasokan makanan cukup besar, mengiagt jumblah penduduk di indonesai ini mencapai 250 juta jiwa.
Inspirasipertanian.comSektor sumberdaya manusia yang terus menurun  sedangkan indonesai sendiri adalah  Negara agraris yang mempunyai kebutuhan pasokan makanan cukup besar, mengiagt jumblah penduduk di indonesai ini mencapai 250 juta jiwa.

Di kutip dari berita liputan6.com (01/16) mentri pertanian Amran Sulaimna menjelaskan bahwa generasi muda saat ini lebih suka memilih sector perindustrian di bandingkan pertanian  dan salah satu penyebab itu semua adalah dalam sector pertanian nilai pendapatan lebih rendah daripada perindustrian itulah mengapa pertanuian saat ini kurang di minati oleh generasi muda.

Menurutnya dalam sector pertanian pendapatan yang bisa di raih perbulannya hanya RP 200 – 400 Ribu  pedapatan tersebut sangat kecil sekali apalagi kalau harga jagung jatuh sampai Rp 1500/kg petani di daerah akan menjerit, itu mengapa pemuda kita engan untuk mengeluti dunia pertanian.

Tetapi hal ini berbeda pada petani yang menggeluti sektor perkebunan seperti kelapa sawit, karet dan lain-lain meski harganya sempat tidak setabil tetapi hasilnya cukup mengiurkan dan lebih pasti dari pada pertanian biasa, Di karet pendapatan bersih mencapai 3-4 juta perbulan, “ katanya.

Ungkap Amrun, Sebenarnya kementrian pertanian terus selalu berusaha dalam menjaga kestabilan harga di masyarakat  agar pertania kita bisa mendapatkan keuntungan yang wajar.

Selain itu pemerintah yang di anggap tidak perpihak pada petani local membuat kehidupan para petani  kita semakin tambah terpuruk,  kurangnya sosialisasi terhadap para petani seperti tidak adanya penyuluhan yang sebenarnya itu penting untuk menumbuhkan kesadaran para petani muda kita selain itu juga seminar tentang pertanian juga perlu di lakukan yang fungsinya untuk menambah wawasan baru di sector pertanian.


Bila melihat Negara tetanga petani - petani mereka rata-rata mempunyai ilmu lebih dan para generasi mudanya justru lebih senang terjun di dunia pertanian itu karena pertanian di Negara tersebut sangat di dukung, masih belum hilang dari ingatatan kita ketika pemerintah mengimpor produk pertanian dari cina , Baca : Kini merambah ke cangkul target impor pemerintah, melalui China dan Vietnam . ini menandakan pemerintah kurang mendukung dalam sector pertanian dan kelengkapanya padahal produk tersebut sebenarnya masih mambu di buat oleh pngerajin local dalam sektor lain seperti pangan pemerintah juga  kerap sekali megimpor dari luar negeri,  Baca Pemerintah masih mengandalkan impor kebutuhan pangan, Ketika sembako naik jalan yang di lakukan pemerintah hanya bisa mengimpor dari luar, mestinya cara ini bisa di rubah dengan cara sosialisai kepada petani dengan menerapkan progam khusus agar petani kita lebih aktif dalam meningkatkan sector pertanian.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool