Desain konsep pertanian apung di atas laut mampu hasilkan 2 sumber daya sekaligus

Desain konsep pertanian apung di atas laut mampu hasilkan 2 sumber daya sekaligus


INSpirasiPertanian.com – Bila di Negara kita yang katanya kaya akan sumberdaya alam khusuny dalam bisang pertanian tetapi dalam hal ini hasil pertanian kita sendiri rata-rata masih bayak yang di hasilkan dari impor  di samping itu kurangnya minat generasi muda akan bidang pertanian di karenakan hasil dari pertanian kurang begitu menjanjikan hal ini yang mengakibatkan pertanian kita kurang begitu berkembang.

Sementara di belahan benua lain yang yang lahan pertanian mereka kalah jauh dari Indonesia sudah menciptakan teknologi baru untuk memajukan pertanian mereka, salah satu ide yang sangat mengejutkan ialah kini ada sebuah Negara yang membuat lahan baru dengan memanfaatkan laut sebagai tempat lahan apung untuk pertanian mereka, konsep dasar ini di desai sebagai lahan yang cukup efektif karena dengan konsep lahan apung diatas laut di gadang- gadang  nantinya mampu menciptakan 2 sumber daya sekaligue dalam sekali panen, yaitu dalam satu lahan mereka bisa di buta sebagai kolam untuk perikanan dan tanaman dalam pertanian.

Lahan ini di dedsain sepertihalnya kilang minyak lepas pantai, yang di sesain oleh arsitek dari barcelona konsep yang di baut bernama Smart Floating Farm ( SFF ). Arsitek yang menangani proyek ini bernama Javier Ponce dan Jakub Dycha dari perusahaan bernama Forward Thinking Agriculture. Dalam konsep ini mereka mengklaim bahwa pembangunan pertanian apung ini masih bisa berdampingan dengan pertanian tradisional.

Pertanian ini merupakan salah satu pertanian modern yang nantiny bermanfaat bagi masa depan yang nantinya akan diimplementasi pada 2050,  pada saatitu populasi bumi akan melonjak drastis  dan di perkirakan populasi manusia di bumu akan mencapai 9,1 milyar, pada saat itulah pertanian ini diperlukan untuk memproduksi tanaman sebagai kebutuhan hidup  yang melonjak hingga 70 persen dari semua angka kehidupan di bumi.

Konsep pertain modern yang di gadang-gadang bisa meningkatkan kebutuhan populasi di bumi ini konsep dasarnya di desain sebagai lahan yang mempunyai fungsi 2 sekaligus dan konsepnya  2 lantai yaitu pada lantai 1 pada bagian atapnya tertutup di gunakan oleh petani sebagai lahan budidaya ikan yang mempunyai lahan yang mampu menghasilkan  1,7 juta ikan dalm kurun 1 tahun, pada bagian bawah ini di desain di lengkapi juga peghambat gelombang laut yang membahayakan dan  juga di persediakan dermaga sebagai landasan kapal-kapal yang datang , ada juga tempat penyimpanan, pengemasan dan pengolahan ikan setelah panen nantinya.

Pada bagian atasnya di rancang khusus untuk tanaman yang bisa di budidayakan secara hidroponik yaitu tanaman yang bisa hidup dengan media air seperti tanaman kangkung, bayam dan lain sebagainya damaun pertumbuhan ini di perlukan curah hujan yang cukup dalam proses hidupnya.

Dari kosep ini para pendesain menyakini bawa dengan adanya lahan modern ini nantinya bisa menghasilkan sayuran segar sebanyak 8,15 juta kilo sayuran pertahunnya yang nantinya sangat di perlukan di masa dating. Dalam proses pengoprasiannya teknologi ini mengandalkan panel sura yang energinya di hasilkan dari sinar matahari, denga adanya konsep ini di harapkan kebutuhan panga di tahun mendatang akan bisa terpenuhi seskupun lahan daratan semakin menipis.


Sumber : Viva.co.id


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool