Syarat tumbuh tanaman sirsak dan cara budidaya buah sirsak

Syarat tumbuh tanaman sirsak dan cara budidaya buah sirsak
Syarat tumbuh tanaman sirsak dan cara budidaya buah sirsak – Sirsak adalah tanaman buah yang mempunyai ciri kulit yang sedikit berduri di sebagian Negara ada juga yang menyebutkan buah sisrsak sebagai durian belanda karena kulinya hampir sama dengan kulit durian mungkin itu yang membuat sirsak di namankan durian belanda, di Indonesia sendiri sirsak sudah tumbuh subur di berbagai wilayah  dan sudah banayk yang memulai mengembangkan perkebunan sirsak dalam jumblah yang lebih besar.

Syarat tumbuh tanaman sirsak dan cara budidaya buah sirsak – Sirsak adalah tanaman buah yang mempunyai ciri kulit yang sedikit berduri di sebagian Negara ada juga yang menyebutkan buah sisrsak sebagai durian belanda karena kulinya hampir sama dengan kulit durian mungkin itu yang membuat sirsak di namankan durian belanda, di Indonesia sendiri sirsak sudah tumbuh subur di berbagai wilayah  dan sudah banayk yang memulai mengembangkan perkebunan sirsak dalam jumblah yang lebih besar.


Sirsak juga di percaya mampu menyembuhkan segala penyakit sehingga sirsak sering di jadikan obat herbal dalam menyembuhkan berbagai penyakit tersebut diantara manfaat dari buah sirsak sendir sebagai obat untuk penyakit diabetes,darah tinggi, anyang-anyag, darah rendah, strok, batu ginjal, liver,melancarkan aliran darah dan berbagai penyakit lain yang dapat di sembuhkan dengan mengkonsumsi buah sirsak.

Sebelum kita memulai usaha perkebunan sirsak ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui sarat tumbuh buah sirsak hal ini penting untuk di ketahui agar usaha budidaya sirsak yang nanti kita jalankan berjalan sesui dengan rencana .

Syarat tumbuh tanaman sirsak
Janis tanaman sirsak mampu tumbuh dengan baik umumnya di dataran rendah maupun juga dataran tinggi dengan lahan dengan ketinggian antara 300-1200 meter di bawah permukaan air laut, tanaman sirsak adalah jenis tanaman yang sangat mudah sekali di pelihara baik di tanam di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Kita bisa menanam tanaman sirsak di bekas sungai, sawah, lading, dekat rumah semua bisa di jadikn lahan untuk bertanam buah sirsak, tetapi ada salah satu jenis tanah yang sangat menguntungkan bila di tanami buah sirsak yaitu jenis tanah merah, tanah andosol,alluvial, lempung berpasir dan tanah liat coklat dengan kandungan humus yang berstructure tanah gembur.

Untuk tingkat keasaman yang cocok pada tanah yang akan di tanami buah sirsak antara 5-6,5 PH dan tingkat kecukupan air penting untuk di perhatikan, pada suhu udara yang cocok untu tanaman buah sirsak adalah antara 23-31 derajat celcius dengan tingkat kelembapan mencapai 80%, air adalah factor utama dalam menunjang tumbuh kembang tanaman sirsak karna keterbatasan aur akan mempengaruhi pertumbuhan bunga.
Curah hujan yang ideal pada saat pertumbuhan tanaman sirsak yaitu 800 mm/tahun, untuk tanaman sirsak adalah tanaman yang mampu tumbuh subur di lahan yang luas sehingga tanaman sirsak tidak layak untuk di jadikan tanaman buah tambulapot atau proses penanaman di dalam pot karena itu akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan buahnya.

Cara tanam tanaman buah sirsak
Proses penanaman buah sirsak bisa di lakukan di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan kondisi tanah yang beragam, sirsak bisa di tanama mengunakan perkecambahan dari biji maupun dengan system okulasi ataupun cangkok, pada kenyataannya penanaman yang di lakukan dengan biji hasil buahnya akan kurang memuaskan di banding penanaman yang bibitnya di hasilkan dari okulasi tetapi kekuranga menggunakan bibit okulasi bila bibitnya di hasilkan dari beli bibit nya akan lebih mahal tetapi itu semua tidak akan masalah bila kita benar – benar ingin menghasilkan tanaman sirsak yang berkualitas, proses penanaman buah sirsak meliputi persiapan bibit unggu, persiapan lahan, perawatan, pennyianga dan langkah terahir adalah masa panen,
Berikut adalah penjelasan rinci bagi setiap tahapan dalam masa penanaman hingga masa panen yang  dapat di pelajari.

Persiapan bibit
Bibit yang bagus adalah bibit yang di hasilkan dari proses okulasi meskipun banyak juga petani yang lebih memilih benih tanaman sirsak dari biji tetapi dalam hal pemilihan bibit dari biji hasil buah nya masih samar dan bisa di bilag untung-untungan beda dengan pemilihan dari okulasi kita bisa melihat dari indukan yang berkualitas dan menjadikan bibitnya.

Pengolahan lahan
Lahan yang di gunakan bisa di gunakan lahan terbuka baik di lading, sawah maupun dekat rumah dengan kondisi tanah yang beragam yang di sebutkan di atas, buat lubag dengan ukuran panjang 20cm lebar 20cm dan kedalaman 20cm kemudian sebelum di tanamai buah sirsak isi lubang dengan kohe yaitu sepertiga dari tinggi lubang tanam kemudia siram lubag dan tutup lubang kemudian biarkan lubang selama 1 minggu setelah satu minggu kita bisa menanam sirsak tersebut.

Supaya tanaman sirsak yang kita tanam tidak di rusak oleh hewan sebaiknya pagar di area sekitar tanaman berikan pagar berbentuk bujur sangkar dengan ukuran di sesuikan dengan tanaman.

Penyiangan gulma
Penyiangan ini di lakukan untuk membasmi gula rumput yang kerap sekali tumbuh di area sekitar tanaman sirsak hal ini penting di lakukan secara rutin karna gulma yang tumbuh di sekitar tanaman sirsak akan sangat mengganggu pertumbuhan sirsak selain itu juga rumput adalah salah satu tanama yang sring membawa bibit penyakit yang bisa menular pada tanaman sirsak.

Penyiangan di lakukan bisa dengan mencabut rumput  atau bisa juga dengan mencagkul area tumbuhnya rumput sekaligu melkukan penggemburan tanah agar air bisa meresap dengan mudah di area pertumbuhan sirsak.

Pemupukan
Pemupukan penting untuk di lakukan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman sirsak, pemupukan di lakukan ketika tanaman sirsak berumur 2 bulan dengan membrikan pupuk organic dan pemberian pupuk oarganik di lakukan lagi setelah tanaman sirsak berumur 6 bulan tetapi pemberian pupuk sebaiknya di lakukan pengemburan terlebih dahulu sehari sebelum pemberian pupuk.

Adapun proses pemberian pupuk yang baik di lakukan dengan menaburkan di area sekitar tanaman buah sirsak .

Pemberian pupuk bisa di lakukan dengan selang waktu 4 bulan sekali, pupuk yang di gunakan selain pupuk organic juga bisa menggunakan pupuk nonorganik, pemberian pupuk no organic deberikan setelah tanaman berumur 5 bula pupuk yang di gunankan adalah pupuk jenis KCL, Urea, Boster perangsang buah, NPK dan lain-lain yang bisa di dapat di took pertanian.

Pemanenan
Buah sirsak biasa panen ketika berumur 4-5 tahun dari awal tanam, pemanenan ini bisa juga lebih cepat ataupun bisa juga lambat tergantung pada masa perawatan tetapi umumnya umur ideal masa panen pada buah sirsak 4-5 tahun hasil buah yang di panen ini sudah siap kita jual.

Proses pemanenan buah sirsak bisa di lakukan denga cara memetik buah sirsak pada tangkai buah dan di masukan kedalam kerangjang, proses pemanenan bisa di lakukan kapan saja tergantung kebutuhan pasar baik pagi, siang ataupun sore hari.





Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

2 Comments Add Comment

mantep artikelnya jadi terispirasi untuk budidaya sirsak

Balas

Hmm... Enak tu.. Makan Buah sirsat selain rasanya enak , buahnya lembut manis - manis sedikit asam. Thanks gan bermanfaat bangetz :)

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool