Perkembangan Pertanian Organik Di Indonesia

Perkembangan Pertanian Organik Di Indonesia
Perkembangan Pertanian Organik Di Indonesia
Tingkat kesadaran manusia akan pentingnya hidup sehat mendorong manusia untuk mengkonsumsi makanan yang lebih menyehatkan, program ini tentunya tidak terlepas akan hasil pertanian yang lebih menyehatkan. Semua bahan yang di konsumsi manusia 95 % merupakan hasil usaha para petani kita, dan dari petani itulah konsumsi makanan yang sehat akan di dapatkan.

Pertanian organic merupakan program pokok yang perlu di tingkatkan untuk memulai hidup sehat tersebut, dari hasil pertanian organic maka akan di dapatkan berbagai macam hasil tani yang lebih menyehatkan.

Dahulu sebelum ada berbagai macam obat-obatan kimia dan pupuk kimia hasil tani bisa tumbuh dengan subur tanpa bahan-bahan tersebut namun seiring berkembangnya zaman dan dorongan petani akan meningkatnya kebutuhan pokok yang di hasilkan dari tani, para petani harus bisa menghasilkan tanaman yang bisa menghasilkan buah atau sayuran yang bermutu dengan tingkat penanaman yang singkat, jalan untuk mencapai itu tidak lain hanya penggunakan bahan-bahan kimia tersebut.
Apalagi tingkat kesuburan tanah yang semakin hari semakin berkurang karena lahan terlalu sering di gunakan oleh proses penanaman, membuat penggunaan obat-obatan kimia semakin di gemari dalam budidaya dalam proses pertanian.

Namun penggunaan obata kimia tentu selalu ada efek sampingnya walaupun dalam jangka pendek hasil pertanian akan tumbuh subur dan menghasilkan sayuran buah yang bagus namun dalam jangka penjang nya tentu memiliki efek samping yang sangat buruk.

Efek samping tersebut bukan hanya yang mengkonsumsi hasil pertanian yang menggunakan obat kimia tersebut tetapi juga para petani yang melakukan pengolahan pertanin tersebut.

Perkembangan pertanian organik

Pertanian organic perlu dan layak untuk di kembangkan karena memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan, dalam segi perawatan dan pengolahan lahan tentu pertanian organik memerlukan perlakuan yang khusus dan juga tentu modal yang di keluarkan akan lebih besar itu keran pertanian organic tidak menggunakan obat-obatan khusus yang di gunakan untuk menyemprot hama.
Pada pertanian non organic kita sering membasmi hama yang dengan menggunakan obat kimia dengan cara menyemprotkannya namun untuk pertanian organic  hal tersebut tentu tidak di perkenankan.

Sistem pertanian organic adalah dengan menggunakan bahan-bahan dari alam dan pemanfaatan lingkungan yang bersih guna menghindari hama yang sewaktu-waktu membuat bahan-bahan yang di ambil dari alam untuk membantu dalam proses pengendalian hama tersebut.

Sebelumnya kami pernah mengulas tentang berbagai macam cara untuk pembuatan bahan-bahan yang di gunakan dalam proses pengendalian hama yang bisa di pelajari dalam kategori Pupuk dan Pestisida . Proses ini sangat penting untuk di pelajari untuk memulai usaha budidaya pertanian organi.

Sedangkan konsep pertanian organic sendiri bisa muncul di indonesia sekitar tahun 1984 yang pertama kali di kembangkan oleh yayasan Bina Sarana bakti yang bertempatkan di Cisarua Bogor, pada waktu itu sistem pertanin organic di mulai dengan lahan seluas 4 Ha, dari percobaan pertama itulah kemudian pertanian organic berkembang pesat di indonesai seiring berkembangnya waktu dan tingkat kesadaran manusia akan pentingnya pertanian organic.

Berbagai lembaga pertanian dan lain-lain telah menerapkan sistem ini demi menjaga kesehatan salah satunya adalah Lembang yang yang berada di bandung, Kaliworo yang ada di wonosobo dan dan lebih banyak lagi.

Sistem pertanian organic tentu masih melekat dalam Pertanian Berkelanjutan Sebagai Prinsip Dasar Pertanian Modern yang di dalamnya mengembangkan sistem pertanian regenarasi yany baik untuk lingkungan juga yang mengkomsumsinya.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool