Budi Daya Ikan Gurame : Cara Tepat Agar Cepat Panen Ikan Gurame

Budi Daya Ikan Gurame : Cara Tepat Agar Cepat Panen Ikan Gurame
Budi Daya Ikan Gurame
Ikan gurame merupakan jenis ikan yang masih jadi primadona sebagai ikan untuk di budi dayakan sekala besar, karena banyak sekali yang menyukai ikan gurame ini meski tergolong lama proses pertumbuhannya namun tidak kalah semangat bagi pembudidayaan ikan gurame ini.


Terlebih lagi harga ikan gurame berkilonya juga di hargai cukup mahal dari ikan yang lainnya, kelemahan budi daya ikan gurame memang memiliki kelemahan yaitu dari segi pertumbuhannya juga tergolong lama, minimal untuk memanen ikan gurame tidak kurang dari 1 tahun agar gurame yang di hasilkan juga lebih besar selain itu budi daya ikan gurame tidak bisa di budi dayakan di air yang keruh seperti lele, jika menggunakan air yang keruh gurame akan cepat mati.

Ada beberapa tahapan yang harus di perhatikan untuk memulai budi daya ikan gurame agar bisa berhasil, berikut adalah penjelasannya.

1. Pembuatan kolam
Untuk kolam bila kita jauh dari perairan yang mengalir ada baiknya gunakan kolam ikan yang telah di cor agar kondisi air bisa selalu jernih dan tentunya tidak mudah mengering bila kemarau tiba, karena budi daya ikan gurame waktunya cukup panjang jadi mau tidak mau pasti menemui musim kemarau.

Namun bila daerah kita dekat air yang mengalir misal di pinggir sungai boleh menggunakan kolam tanah yang di aliri air secara terus menerus agar kondisi air bisa selalu jernih. Gunakan kolam dengan panjang 3 m x 2 m x 2 untuk menampung gurame setidaknya 30 -50 gurame jangan terlalu banyak agar mudah besarnya.

Setelah kolam jadi masukkan air jangan masukkan ikan langsung kedalam kolam yang baru, kolam baru siap di gunakan setidaknya 2 minggu setelah di beri air sampai keluar lumut-lumut awal

2. Pemilihan benih
Untuk pemilihan benih sebaiknya pilihlah benih ikan guramenya yang sudah agak besar setidaknya sebesar 2 jari orang dewasa, bibit sebesar tersebut lebih tahan stres dari pada benih yang terlalu kecil.
Setelah kolam siap di gunakan baiknya langsing saja masukkan benih ikan, masukkan benih ikan pada sore hari ke dalam kolam, dan ingat cara memasukkan ikan gurame kedalam kolam harus hati-hati, bila benih ikan di masukkan plastik berisi oksigen pada saat membeli, buka pengikat plastik tersebut lalu masukkan seluruh plastik ke dalam kolam sampai tenggelam sampai ikan kelar sendiri ke kolam.

3. Pemberian pakan dan perawatan
Ikan guram tergolong lebih hemat dalam pemberian pakan. Dan juga lebih murah ini karena ikan gurame lebih menyukai dedaunan sebagai makannya, makan yang di sukai ikan gurame adalah daun pepaya, daun talas, daun kangkung, daun sente da singkong dan lain sebagainya.

Namun walaupun gurame menyukai dedaunan untuk meningkatkan nilai produksi tentu harus ada makan tambahan seperti pelet ikan dan vitamin penyubur ikan agar cepat besar dan cepat di panen.

Sedangkan untuk perawatan bila kita menggunakan kolam terpal atau coran sebaiknya lakukan penggantian air bila sudah mengeruh agar kondisi air bisa selalu jernih dan ikan bisa sehat, karena ikan gurame lebih menyukai air yang jernih.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool