Cara Membuat MOL Dari Bahan Keong Mas

Cara Membuat MOL Dari Bahan Keong Mas
Cara Membuat MOL Dari Bahan Keong Mas
Istilah MOL memang lebih populer suatu bahan yang di gunakan untuk mempercepat proses penguraian, meski sudah banyak sekali yang menjual MOL dengan berbagai jenis namun bila kita lebih kreatif sebenarnya proses pembuatan MOL lebih gampang dan bisa menggunakan bahan dari alam.

Sebelumnya saya pernah menjelaskan proses pembuatan mol dari bonggol pisang yaitu dengan memanfaatkan batang pisang yang di ambil pada bagian bawah yang terpendam di tanah.
Namun sebelum saya mengulas tentang proses pembuatan MOL dari bahan keong mas terlebih dahulu akan mengulas tentang manfaat dari MOL tersebut agar mudah di pahami.

Mungkin ada sebagian juga yang belum tahu apa itu MOL atau kepanjangan dari mikro organisme lokal, MOL sendiri merupakan sekumpulan sebuah mikro organisme yang memiliki fungsi sebagai penghidup dalam pembuatan kompos organik.

Manfaat MOL

Yaitu fungsi dari mol ini sebagai bahan yang dapat berfungsi untuk mempercepat dalam pembuatan pupuk kompos tersebut yang nantinya di campurkan ke pupuk organik yang di buat tersebut, namun selain di gunakan untuk pembuatan pupuk organik bukan tidak berarti juga mol bisa langsung di gunakan sebagai pupuk pada tanaman.

Penggunaan MOL memang  sangat beragam dan banyak sekali manfaatnya, MOL bisa di buat dari bahan –bahan sisa yang di olah sedemikian hingga yang di lakukan dengan proses fermentasi.
Cara Pembuatan MOL Dengan Bahan Dasar Keong Mas.

Setelah mengetahui manfaat akan MOL sendiri kali ini saya akan mengulas tentang proses pembuatan MOL dari bahan dasar keong mas yang di campur dengan menggunakan bahan-bahan lain berikut adalah penjelasannya :

Bahan :

1. 0, 5kg siput murbey/keong mas, di tumbuk sampai halus.
2. 5ltr air cucian beras,
3. 3ltr air kelapa.
4. 1kg gula merah yang di haluskan.

Cara Pembuatan :

Setelah bahan-bahan tersebut telah kita siapkan, lalu masukkan semua bahan tersebut kedalam sebuah wadah yang ada tutupnya , masukkan keong mas yang sudah di hancurkan kemudian masukkan juga air cucian beras, kemudian masukkan air kelapa, gula merah kemudian aduk hingga rata.

Misalkan kita hanya ada gula, 0, 5kg. Bisa di tambahkan buah maja 2kg. Namun bila bila tidak ada buah maja tidak menggunakan nya juga tidak masalah yang penting gulanya lebih banyak.
Kemudian setelah semua tercampur tutp wadah, lakukan proses fermentasi lebih kurang 2 mingguan dan setelah proses fermentasi selesai di lakukan ramuan MOL siap untuk di gunakan untuk pupuk atau proses fermentasi.

Pengaplikasian MOL

Untuk proses penggunaannya cukup mudah sekali yaitu dengan mencampurkan larutan MOL yang sudah jadi ke dalam kedalam tangki yang sudah terisi air penuh beri larutan MOL sebanyak 200 CC.
Ini di gunakan untuk proses pemupukan, penggunaanya di lakukan dengan cara menyemprotkan ke tanaman yang akan di pupuk, sedangkan bila ingin di gunakan untuk fermentasi pupuk organik beri 2-3 tutup saja larutan MOL tersebut.

Semoga cara pembuatan MOL dari bahan keong mas ini bisa berguna dan mudah untuk di pahami, selamat mencoba.



Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

1 Comment

informasi yang sangat menarik untuk dikongsi bersama .. terima kasih

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool