Mengatasi tanaman jambu air yang mempunyai rasa tawar, Sepat dan asam agar menghasilakn rasa yang manis

Mengatasi tanaman jambu air yang mempunyai rasa tawar, Sepat dan asam  agar menghasilakn rasa yang manis
Apakah kamu termasuk yang gagal dalam menanam jambu air dan apakah jambu air yang kita tanam rasannya tawar, atau sepat bahkan ada juga yang berasa asam, kejadian ini sangat sering di jumpai bukannya menghasilkan buah jambu yang memunyai rasa manis tapi malah bisa sebaliknnya, ada bebebrapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi yang pertama memang jenis jambu yang kita tanama tergolong jenis Syzgium aqueum yaitu jenis buah jambu yang
Apakah kamu termasuk yang gagal dalam menanam jambu air dan apakah jambu air yang kita tanam rasannya tawar, atau sepat bahkan ada juga yang berasa asam, kejadian ini sangat sering di jumpai bukannya menghasilkan buah jambu yang memunyai rasa manis tapi malah bisa sebaliknnya, ada bebebrapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi yang pertama memang jenis jambu yang kita tanama tergolong jenis Syzgium aqueum yaitu jenis buah jambu yang
memang rsannya asam untuk itu kita harus tannya dulu kepada penjual bibit sebelum membeli bibit apakah jenis jambu air ini tergolong jambu yang mempunyai rasa yang manis atau asam, ada bebrapa ciri khas yang di miliki jambu ini untuk itu sebaiknnya kita memperhatikan sejenak agar kita tidak salah pilih.  Tanaman jambu yang akan kita tanam nanti, ciri khas jambu jenis ini adalah berdaun tipis dan lebar. Bentuknya agak membulat dan pinggirannya menggelombang. Bentuk buahnya bagian ujung melebar dan langsung mengecil di bagian tengah / pangkalnya. Ciri-ciri varietas jambu air yang manis (Syzygium semarangense) adalah, daunnya kecil agak meruncing, tebal dan pinggirnya lurus. Buahnya memanjang dan kompak.

 Baca juga : 


Bila kita sudah terlanjur menanam jenis jambu ini sebaiknnya jangan langsung di tebang dan di matikan kita bisa mempertahankan dengan system sambung pucuk proses ini gampang sekali di lakukan yang pertama adalah dengan melakukan penebangan dengan tinggi 1,5 – 2 m kemudian tanaman di olesin dengan TB 192 pada bagian luka tebangan tersebut  setelah itu tutup menggunakan plastic dan di ikat tentunya setelah melakukan pengolesan tadi setelah tumbuh tunas barus lakukan proses pemangkasan tunas dengan menyisahkan sebagain saja, semua jenis jambu bisa kita lakukan seperti contohnnya jambu madu deli, jambu citra jambu madu deli hijau dan lain sebagainnya.


Setelah semua telah selesai di lakukan tunggu cabang baru tumbuh besar sampai mencapai besar cabang sebesar pensil setelah itu bsaru bisa kita melakukan sambung pucuk

Beberapa hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan proses perawatan tanaman jambu air dengan baik dan selalu di jaga akan kebutuhan nutrisi yang di butuhkan tanaman tersebut, beberapa hal tersebut di antarannya adalah dengan memastikan apakan jambu tersebut memang sehat atau tidak yaitu dengan memastikan kondisi tanah yang berada pada pangkal batang jambu air tersebut.

Dan apakah akar-akar yang tumbuh keluar pada permukaan tanah atau tidak bila ini terjadi pada tanaman jambu air tersebut sebaiknnya tutuplah bagian akar yang keluar pada permuakaan tanah tersebut dengan menggunakan tanah yang mengandung pupuk organic seperti tanah yang bercampur kotoran hewan,tanah sisa pembakaran dan lain sebagainnya. Akar yang keluar pada permukaan tanah akan berakibat fatal bagi tanaman karena hal tersebut akan berdampak pada luka pada akar tanaman dan bisa mengakibatkan bakteri yang menyebar pada akar tanaman dampaknnya akar tanaman tidak bisa menyerap unsur hara dengan sempurna dampaknnya juga tidak baik untuk tanaman.

Selain pemeriksaan pada pangkal tanaman pemeriksaan pada bagian batang jambu air juga sangat di perlukan, penyakit yang sering terjadi pada jambu air adalah pada bagian batang sering sekali di lubangi oleh hama-hama yaitu pada batang sering ada lubang sebesar lidi dan keluar serbuk bila ini tidak di tangani secara dini lubang-lubang tersebut akan semakin banyak dan mengakibatkan tanaman jambu air tidak akan sehat, proses penanganannya yaitu dengan melakukan membersihkan lubang tersebut yaitu dengan mengorek lubang tersebut dan bersihkan kemudian siapkan kapas, insektisida sistemil lalu cari bambu untuk menutup lubang tersebut yaitu dengan cara beri kapas pada bambu celupkan insektisida masukkan bambu pada lubang tersebut rapat-rapat sampai lubang benar-benar tertutup oleh kapas dan bambu, lakukan hal tersebut pada lubang-lubang yang lain sampai benar-benar tertutup semua luabang tersebut.

Lubang yang sering berada pada tanaman jambu tersebut di sebabkan oleh hama tanaman kumbang penggerek batang  yang meninggalkan larva pada lubang-lubang tersbut yang meyebabakan batang menjadi rusak, ini juga salah satu penyebabkan tanaman jambu menjadi tidak manis.

Selain itu juga kita bisa melaihat dari sis lain bukan hanya dari akar tanaman ataupun batang tetapi juga daun yang tidak sehat bisa menyebabkan jambu yang kita tanaman menjadi tidak manis lagi yaitu dengan melihat ciri fisik pada daun-daun tersebut apakah daun jambu tersebut menggulaung, berlubang atau menggelembung seperti daun tersebut melepuh kalau daunnya berlubang-lubang namun tulang daun dalam lubang itu masih utuh, penyebabnya ulat pagoda. Bila daunnya menggulung, itu akibat ulat - ulat penggulung. Kalau daun kelihatan melepuh maka penyebabnya adalah ulat penggerek daun. Semua hama tadi dapat ikut andil mengurangi kemanisan buah, karena proses fotosintesis tidak berjalan dengan baik dan optmal. Hama-hama tadi dapat diberantas dengan insektisida sistemik yang disemprotkan ke daun, disiramkan ke akar, atau diinfuskan ke batang.

Proses pemangkasan juga sebaiknnya perlu di lakukan walaupun tidak terlalu penting tetapi tanaman yang terlalu lebat akan mengakibatkan kurangnnya asupan sinar matahari, kurangi ranting-ranting yang terlalu lebat dengan merapikan sebagian saja proses pemangkasan bisa di lakukan seperlunnya saja jagan terlalu sering karena dampaknnya jug atidak akan baik bagi tanaman jambu air.

Pada proses pengairan kita bisa melakukannya secara terjadwal pada musim penghujan kita bisa melakukan pengairan cukup 1 kali saja senagngka bila musim kemarau kita bisa melakukan 2 kali dalam sehari, proses ini di lakukan ketika jambu air sedang tidak sehat atau masih dalam pertumbuhan, cara pengairan yang baik yaitu dengan membuat lubang pada bagian pangkal akar agar air yang di siram ke batang bisa terserap seluruhnnya dan tidak tercecer kemana-mana. Sedangkan pada proses pemupukan kita bisa melakukan pemberian pupuk  yang mengandung unsur Nitrogen ( N ) Fosfor dan  Kalium ( K ) yang sangan di butuhkan bagi buah jambu air tersebut, unsur –unsur tersebut bisa kita dapatkan pada pupuk organi atau pupuk kimia, pada pupuk kimi  bisa di dapat pada pupuk urea/ZA Ynag mengandung unsur  N, TSP mengandung unsur P dan KC1 Mengandung unsur K bila kita tidak mau ribet kita bisa mendapatkan pupuk NPK yang sudah jadi yang bisa di dapatkan di toko pertanian terdekat.

Proses pemberian pupuk di lakukan dengan cara pada tanaman jambu yang berumur kurang lebih 5 tahun pada diameter batang 10 cm kita bisa memberikan pupuk urea 0,5 kg, 1 kg tsp dan 0,75kg KCL pemberian di lakukan setelah buah selesai di panen bila terawat baik, tanaman jambu air dapat berbuah tiga kali setahun. Jadi, pupuk untuk tanaman umur 5 tahun : 1,5 kg urea, 3 kg TSP, dan 0,75 kg KCl yang diberikan tiga kali selama setahun. Dosis pupuk ini perlu ditambah sebanding dengan umur tanaman.

Penanganan yang teratur dan pemberian pupuk yang teratur akan mengakibatkan tanaman bukan hanya sehat tetapi juga bisa membuat buah jambu menjadi sangat manis, manisnya buah jambu air juga di akbibatkan oleh kesehatan pohon jambu, pohon jambu yang kurang terurus susah mendapatka buah yang berkualitas, semoga tulisan ini dapat bermanfaat


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

2 Comments Add Comment

Terima kasih atas infonya ...selalu menunggu info terbaru berkaitan pertanian di blog ini

Balas

trimakasih telah berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat...

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool