Cara menanam sayuran selada air yang benar

Cara menanam sayuran selada air yang benar
Jenis sayuran selada banyak di konsumsi sebagai sayuran pelengkap makanan, para penikmat sayuran selada buka di gunakan sebagai bahan masakan tapi umumnya di gunakan sebagai lalapan,  selada mempunyai rasa yang khas dan sudah sangat melekat di lidah orang indonesia itu sebabnya bayak penikmat selada lebih mengunakan selada menjadi lalapan.

Tanaman selada yang di kosumsi adalah daun seladanya yang masih muda, pemetikan terbaik di lakukan pada pagi hari ataupun sore hari ini di lakukan suhu pada waktu-waktu tersebut sangat cocok.
Baca juga :
Beberapa hama dan penyakit pada sayuran selada danpengendaliannya


Selada sebaiknya di tanam pada suhu optimal mencapai 15-25oC dan dengan ketinggian mencapai suhu 900 meter di atas permukaan laut, ada beberapa metode penanaman selada yang baik yang harus di perhatikan berikut ulasan singkatentang penanman selada yang baik dan benar :

Proses pemilihan benih
Pada penanaman selada umumnya di lakukan menggunakan dengan biji sebaiknya dalam proses penanaman selada gunaka bibit yang berkualitas hibrida bisa di beli di toko pertanian biasanya kebutuhan selada dalam satu hektar sekitar 250 gram biji selada.

Bila kita sudah membeli benih selada tahap berikutnya adalah tahapan penyemaian, proses penyemaiaan bisa di lakukan di atas media polibek ataupun dengan bedengan yang di buat khusus untuk penyemaiaan selada. Proses pembuatan bedengan sebaiknya di lakukan di tempat terbuka dan jauh dari ganguan binatang.

Beberapa campuran media untuk proses penyemaian di antaranya adalah pupuk kandang, tanah dan arang sekam yang di campur menjadi 1 dengan perbandingan 1 : 1 : 1 dan penambahan air sampai basah tapi jangan terlalu basah, setelah tahap ini selesai selanjutnya adalah media tanah di masukkan ke dalam bedengan yang telah kita buat ataupun di dalam polibek.

Berikutnya taburkan benih selada yang telah kita beli dan tunggu sampai benih mulai tumbuh dan siap di tanam, pada penyemaian ini sebaiknya benih tercukupi oleh sinar matahari, untuk mengantisipasi terjadinya kelabihan air akibat ujan pada bedengan sebaiknya pada bagian atas di beri penutup stiming jaring-jaring agar air hujan yang jatuh tidak langsung terkena benih selada .

Penanaman bibit selada
Setelah selada melalui proses semai tahapan berikutnya adalah proses penanaman bibit selada di lahan pada tahapan ini sebaikknya kita melakukan pengolahan lahan terlebih dahulu agar bibit yang kita tanam di lahan bisa tumbuh dengan sempurna.

Proses pengelolahan lahan yang baik sebaiknya lahan yang akan di tanamin selada di buat bedengan menggunung panjang dengan lebar 1 meter tinggi 15 meter bila lahan dekat dengan pemukiman yang mudah sekali banjir sebaiknya bedenga lebih di tinggikan hal ini untuk menghindari agar pada waktu musim banjir selada tidak tenggelam , pada sisi kiri dan kanan di buat gang untuk air yang lewat nantinya dan bisa juga untuk mempermudah proses pemeliharaan selada seperti proses pemberian pupuk dan lain-lain.

Selada memerlukan kultur tanah yang mempunyai keasaman netral sekitar 5-6,8 bila kindisis tanah terlalu asan sebaiknya di lakukan penetralisasian menggunakan kapur dolomit, tapi bila tanah terlalu basa bisa di gunakan gypsum atau belerang.

Setelah proses ini selesai proses pemindahan bibit yang di ambil dari penyemaiaan siap di lakukan, pada tahap ini sebaiknya benih yang akan di pindahkan sudah memiliki paling tidah 4 buah daun pasti dan proses pemindahan di lakukan pada pagi atau menjelang sore hari,.

Proses peletakan bibit bisa di lakukan dengan cara melubagi tanah dan bibit di masukkan di dalam lubang, jarak penanamann yang baik di adalah 10 x 15 cm.

Masa pemanenan
Pada penanaman selada umumnya di panen antara 20 – 30 dari hari awal bibit, setalah melakukan proses penanaman  setelah di lihat selada cukup memenuhi setandar panen sebaiknya buru-buru tanaman selada di lakukan pemanenan karena panen selada yang baik ketika daun selada masih muda.

Pada produktifitas normal tanaman selada bisa mencapai 15-20 ton per hektarnya namun ada sebagian petani yang tidak bisa mencapai angka ini karena dalam proses penanaman nya tidak dilakukan perawatan yang rutin.

Proses pemanenan di lakukan dengan pencabutan tanaman sampai ke akar-akarnya  dan di lakukan proses pencucian pada tanaman selada setelah proses ini selesai selanjutnya proses sortir untuk memilah bibit yang layak di jual, bibit yang baik adalah dengan di tandai daun selada yang masih segar dan tidak rusak, penyimpanan di lakukan di tempat yang segar dan dekat dengan air agar sayuran selada yang telah di panen tidak mudah layu.



Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool