Penanaman Jamur Merang Tanpa Kumbung

Penanaman Jamur Merang  Tanpa Kumbung
Berhubung bayak sekali yang menayakan Penanaman Jamur Merang  Tanpa Kumbung Kali ini saya akan mengulasnnya di artikel ini, sebenarnnya proses ini tidak jauh berbeda denga artikel yang saya ulas sebelumnnya tentang budidaya jamur merang dengan judul Bagaimana Cara Budidaya Jamur Merang hannya yang membedakannya pada cara ini kita tidak menggunakan kumbung atau rumah-rumahan jamur merang yang bila hanya pembudidayaan jamur hannya sebatas di konsumsi sendiri rasannya sanngat memberatkan proses pembuatannya.
Berhubung bayak sekali yang menayakan Penanaman Jamur Merang  Tanpa Kumbung Kali ini saya akan mengulasnnya di artikel ini, sebenarnnya proses ini tidak jauh berbeda denga artikel yang saya ulas sebelumnnya tentang budidaya jamur merang dengan judul Bagaimana Cara Budidaya Jamur Merang hannya yang membedakannya pada cara ini kita tidak menggunakan kumbung atau rumah-rumahan jamur merang yang bila hanya pembudidayaan jamur hannya sebatas di konsumsi sendiri rasannya sanngat memberatkan proses pembuatannya.

Sebenarnnya banyak sekali alternative lain untuk membudidayan jamur merang ini kalo kita sudah mencoba satu cara saja mungkin kedepannya dengan berbagai cara pembudidayaan mungkin akan gampang di lakukan, untuk mempersingkat waktu dalam proses pembahasan ini saya akan sedikit mengulasnnya.

Bahan-bahan
1. Jerami kering 100 kg
2. Kapur Dolomit 3-5 kg
3. Superprospat 3-5 kg Tidak wajib di pakai
4. Dedek atau Bekatul 10-15 kg
5. Air

Alat yang di pakai
1. Cangkul
2. Bak besar atau Drum
3. Ember tempat sampah
4. Bambu
5. Plastik

Pembuatan adonan jamur
Setelah bahan dan alat telah kita persiapkan, kemudian masukkan jerami kedalam drum yang sudah di beri air sebelumnnya, rendam hingga 24 jam stelah proses perendaman selesai di lakukan angkat jerami letakkan pada sebuah kotak dengan ukuran 1,5 m x 1,5 m x 1,5 m, kotak bisa terbuat dari semen atau papan yang di beri lapisan plastic di bawahnnya yang penting bawahnnya rapat, setelah jerami di letakkan di kotak tutupi dengan sebuah plastic di atasnnya diamkan hingga 4 sampai 6 hari selama proses ini berlangsung anda harus membolak-bali jerami ini hingga 2 sampai 3 hari sekali stelah proses selesai baru kita bisa mencampurkan bahan-bahan yang sudah kita siapkan tadi yaitu Bekatul + Kapur + Superprospat campur hingga rata.

Ketika adonan sudah siap di gunakan kita bisa langsung memasukkan kedalam ember atau tempat sampah kecil yang sudah kita sipakna kemudian masukkan benih jamur kedalam adonan jerami tersebut.


Masukkan jerami yang sudah di masukkan ke  ember tadi kedalam rumah-rumahan kecil, bentuk bisa di sesuikan seperti gambar di atas, tutupi dengan platik sampai jamur mulai tumbuh hingga siap di panen. Rumah-rumahan ini berfungsi untuk mengatur suhu ketika proses pembudidayaan jamur merang.



Ketika semua sudah di masukan kedalam rumah-rumahan tadi langkah selanjutnnya adalah dengan perawatan, perawatan yang di lakukan yaitu dengan melakukan penyiraman sehari sekali.

Kini anda sudah bisa memulai usaha budidaya jamur merang dengan modal mini denga cara Penanaman Jamur Merang  Tanpa Kumbung Semoga artikel ini bermanfaat.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

1 Comment

Terima kasih banyak ya mas..nanti saya mau coba juga

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool